Cegah Corona, Dinas Kesehatan Kudus Sosialisasi ke Pedagang dan Pengunjung Pasar Kliwon

KOTA, KUDUSSATU.com–Dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kudus mengadakan sosialisasi di Pasar Kliwon. Sosialiasi ini ditujukan kepada pedagang dan pengunjung pasar terbesar di Kota Kudus itu.

“ami melakukan sosialisasi untuk mencegah dan mengantisispasi penyebaran Covid – 19 (corona). Termasuk mengerahkan satu armada tangki air milik PDAM Kudus yang digunakan untuk cuci tangan pakai sabun (CTPS),” kata Kepala Dinas Kesehatan Kudus, Joko Dwi Putranto, Rabu (18/3/2020).

Dalam sosialisasi ini Dinas Kesehatan mengajak masyarakat yang berada di Pasar Kliwon melakukan CTPS, melakukan kesehatan lingkungan, menjauhi kerumunan serta istirahat dirumah.

Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olahraga pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Umi Widayanti mengatakan hari ini pihaknya mengadakan kegiatan edukasi dengan masyarakat. Pagi tadi diawali dengan kegiatan sosialisasi ini di TPA Tanjungrejo dan di Pasar Ngablak.

“Di dua tempat itu pihaknya bekerjasama dengan Puskesmas Tanjungrejo,” katanya.

Ia menjelaskan, program edukasi terkait antisipasi dan pencegahan corona ini dilakukan ditempat – tempat umum dan salah satunya adalah pasar. Dan di Pasar Kliwon in, kata Umi, ada tujuh hal yang disampaikan kepada seluruh warga masyarakat baik yang sebagai pedagang ataupun yang hanya untuk berbelanja.

“Ada tujuh poin yang kami informasikan ke pedagang dan pengunjung pasar, sebagai upaya pencegahan terhadap Corona,” ungkapnya.

Ketujuh poin tersebut di antaranya; Pertama yaitu cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang benar, kedua harus pakai masker bila kita batuk.

“Lalu menerapkan hidup sehat seperti istirahat yang cukup serta olahraga yang baik dan ditunjang dengan makan makanan yang bergizi,” tukasnya.

Umi menambahkan Dinas Kesehatan akan berkeliling ke tempat – tempat umum lainnya. Di antaranya terminal, mall dan hotel hingga tanggal 29 Maret mendatang. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *