Asyik, Kado Tahun Baru, Empat Pimpinan DPRD Kudus dapat Mobil Baru Senilai Rp 2,2 M

KUDUS, KUDUSSATU.com–Tahun baru semua serba baru. Nampaknya pepatah ini betul-betul dirasakan oleh wakil rakyat. Termasuk pimpinan DPRD Kudus mendapat fasilitas baru tahun ini.
Sebanyak empat unit mobil dinas baru diersiapkan untuk empat orang pimpinan DPRD Kudus. Pemkab pun mengalokasikan anggaran hingga Rp 2,280 miliar.

Saat ini, ketua dan tiga orang wakil ketua DPRD Kudus menggunakan kendaraan dinas yang dibeli tahun 2015. Saat itu, Pemkab Kudus juga merogoh kocek hingga Rp 2 miliar untuk membeli tiga unit mobil jenis CRV, Mitsubishi Pajero dan sedan jenis Honda Accord.

Sekretaris DPRD Kudus Jatmiko Muhardi membenarkan rencana pembelian mobil dinas baru untuk pimpinan DPRD Kudus.

“Permintaan dari pimpinan pembelian mobil dinas jenis Fortuner untuk ketua, dan CRV untuk tiga orang wakil ketua. Namun untuk jenis apa yang akan dibeli nanti menunggu arahan lebih lanjut. Bisa saja berubah,” kata Jatmiko, Rabu (8/1/2020).

Pembelian mobil dinas baru, lanjut Jatmiko, menggunakan mekanisme e-katalog. Sesuai pengalaman tahun-tahun sebelumnya, daftar e-Katalog untuk kendaraan dinas biasanya muncul pada Bulan Agustus – September.

“Kami tunggu dulu daftar e-katalognya. Biasanya di Bulan Agustus sampai Desember. Setelah muncul daftarnya baru tahapan pengadaan dilakukan,” katanya.

Pengadaan kendaraan dinas baru untuk pimpinan DPRD mengacu pada Permendagri Nomor 7 Tahun 2016 tentang Sarana dan Prasarana Kerja.

Dalam peraturan itu disebutkan, ketua DPRD bisa menggunakan kendaraan dinas berupa sedan atau minibus dengan kapasitas maksimal 2.500 cc. Sementara untuk wakil ketua DPRD, juga bisa berupa sedan atau minibus dengan kapasitas maksimal 2.200 cc.

Tak hanya mobil dinas baru, penghasilan seluruh wakil rakyat juga diperkirakan bakal naik tahun ini. DPRD Kudus mengusulkan kenaikan tunjangan perumahan dan kendaraan. Tim Apraisal telah melakukan survei dan menentukan perkiraan harga sewa baru.

Kenaikan tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) Bupati diteken. Tak hanya itu, alokasi anggaran jatah kunjungan kerja tahun ini juga meningkat tajam. Saat ini, anggota empat komisi tengah mengikuti kunjungan kerja ke luar provinsi. Mereka berangkat, Selasa lalu.

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus Eko Djumartono mengatakan, Pemkab tahun ini tidak hanya melakukan pengadaan kendaraan dinas baru untuk pimpinan DPRD saja.

Rencananya, Pemkab juga akan membeli satu unit mobil dinas untuk kepala bagian yang baru di lingkungan Pemkab Kudus (Kabag Protokoler). Anggaran yang sudah dialoasikan sebesar Rp 248,7 juta.

“Tahun ini juga ada pembelian tiga unit mobil dinas untuk Inspektorat Daerah dengan pagu anggaran mencapai Rp 780 juta. Pengadaan semua mobil dinas menggunakan sistem e-katalog,” katanya.

Terkait kenaikan tunjangan-tunjangan wakil rakyat, Eko mengatakan sudah terakomodasi pada APBD 2020. Namun untuk realisasinya masih menunggu SK bupati. “Anggarannya sudah ada, tinggal menunggu SK bupati. Kenaikan tidak berlaku surut. Artinya mulai dibayarkan saat SK diteken,” katanya.(SRM)

sumber:suaramuria.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *