Bupati Kudus: Kopi Bagian Promosi Pariwisata!

Kudus, KUDUSSATU.com–Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan bahwa kopi bisa menjadi bagian promosi pariwisata di daerah ini apabila dikelola dengan baik.

“Pemerintah Kabupaten menetapkan pariwisata sebagai bagian dari prioritas promosi, yang kita promosikan kalau bisa bukan saja alam. Ada potensi-potensi lain yang bisa diangkat seperti industri kopi yang selama ini masuk industri makanan dan minuman semata. Kita dorong kopi Muria menjadi bagian promosi pariwisata,” kata Hartopo, saat melakukan penanaman kopi di lereng Muria, Sabtu (21/12/2019).

Ia menyebutkan kopi punya peluang secara komprehensif bisa menggerakkan sektor-sektor lain. Kepentingan pemerintah adalah, semakin banyak pemangku kepentingan yang terlibat dan berperan dalam satu usaha, maka efek kesejahteraannya juga mengalir ke mereka.


“Industri kopi memiliki multiplayer efek yang cukup banyak. Mulai dari petani petani kopi, produsen kopi hingga pedagang atau kedai kopi,” ungkapnya.

Pagi tadi, Hartopo berkesempatan menanam kopi bersama kelompok tani di Colo. Ia juga menyempatkan mampir salah satu kedai kopi Muria “Tjolo” di pasar wisata Colo.

“Kami akan dorong kopi Muria dikenal di tingkat nasional bahkan internasional. Kami yakin kopi Muria bisa menjadi primadona,” ujarnya. (Al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *