Hadapi Era Revolusi Industri 4.O, 100 Pelaku UMKM di Kudus Ikuti Pelatihan Promosi Lewat Internet

Kudus, KUDUSSATU.com–Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus terus mendorong agar pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mampu bersaing dalam memasuki era revolusi industri 4.O.

Para ahli meyakini era ini merupkana era dari Revolusi Industri 4.0, dikarenakan terdapat banyak inovasi baru di Industri 4.0, diantaranya Internet of Things (IoT), Big Data, percetakan 3D, Artifical Intelligence (AI), kendaraan tanpa pengemudi, rekayasa genetika, robot dan mesin pintar. Salah satu hal terbesar didalam Revolusi Industri 4.0 adalah Internet of Things.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus, Bambang Tri Waluyo menyatakan dukungan terhadap pelatihan 100 UMKM ini. Sesuai tema percepatan akses keuangan daerah, para UMKM ini diharap dapat meningkatkan pertumbuhan bisnisnya melalui pelatihan ini dan bertransaksi via BRI.

“Memasuki era industri 4.0 berbasis tekhnologi, dengan adanya pelatihan ini teman-teman UMKM dilatih untuk promosi lewat internet,” ujarnya di acara pembukaan Pelatihan 10.000 UMKM BRI Kanca Kudus di hotel Griptha beberapa waktu lalu.

Bambang berharap pasca mengikuti pelatihan tersebut, nantinya mereka bisa lebih percaya diri dalam menghadapi kompetisi pasar baik lokal maupun mancanegara.

“Kami akan terus mendorong agar produk UMKM Kudus memiliki daya saing. Tidak hanya pasar lokal tapi mampu ke pasar global,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Plt Kabid Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus, Rofiq Fahri diharapkan dengan adanya pelatihan ini, pelaku UMKM dapat bersinergi dengan BRI dalam pemberian modal, karena akses sudah makin dipercepat.

“Kami sangat berterima kasih dengan adanya acara ini karena memang permodalan menjadi faktor utama dalam pengembangan UMKM,” ungkapnya.

Sementara itu, Manajer Operasional Cabang BRI Kudus, Aditya Pradana mengatakan, program pelatihan ini diselenggarakan di 100 lokasi dengan masing-masing 100 peserta. Khusus untuk Kantor Cabang BRI Kudus, pelatihan dilaksanakan di Hotel Gripta Kudus, dengan total 100 peserta.

“Program ini diikuti oleh pelaku UMKM, termasuk para UMKM cluster unggulan daerah,” katanya.

Dijelaskan, pelatihan ini diselenggarakan Bank BRI untuk meningkatkan kapabilitas UMKM untuk go modern, go digital, go online dan go global.

” Dalam program tersebut, UMKM mendapatkan pelatihan terkait administrasi dan manajemen keuangan, pelatihan terkait e-commerce, akses informasi terhadap permodalan, hingga info pasar,” tukasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *