Gandeng Bekraf, Pemkab Kudus Dorong Ekonomi Kreatif di Kota Kretek

Kudus, KUDUSSATU.com–Dalam rangka pembinaan dan peningkatan produk pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Kabupaten Kudus, Pemkab melalui Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM akan menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM Kudus Bambang Tri Waluyo mengatakan, pihaknya telah mengajukan surat permohonan ditujukan kepada Bupati Kudus untuk bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif.

Dikatakan Bambang, disamping pembinaan dilakukan oleh Bekraf di Kudus. Ia berharap dana APBN dapat dikucurkan, sehingga dapat membantu pengembangan bagi pelaku UKM di kota kretek.

“Dinas akan lebih dulu melakukan seleksi terhadap sejumlah UKM yang diikutsertakan dalam pelatihan tersebut,” ujarnya.

“Saat ini kami sedang menunggu surat dari Plt Bupati, sebagai acuan untuk menjalin kerjasama dengan Bekraf. Dan melakukan penyesuaian dengan program di pusat,” jelasnya.

Dijelaskan Bambang bahwa dinas belum mampu berdiri sendiri atau mandiri. Karena, menurut Bambang, untuk berbentuk badan sendiri harus banyak hal yang dipersiapkan.

“Kami belum bisa seluler Bekraf. Yang penting dengan kerjsama ini nantinya pelaku UKM dapat termotivasi,” tuturnya.
Plt Bupati Kudus HM Hartopo menyambut baik dan mendukung ide-ide pengembangan usaha bagi pelaku UKM. Ia mengatakan Pemkab Kudus akan terus mendorong upaya peningkatan ekonomi kreatif.

Hartopo juga berharap agar dinas melakukan monitoring terhadap bantuan permodalan bagi wirausaha.
“Suratnya masih dikaji. Yang pasti kami mendukung ide-ide cemerlang untuk memajukan Kudus,”ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Kudus terus mendorong wirausaha baru lahir. Melalui progam Wirausaha TOP , dengan target melahirkan 500 wirausaha baru setiap tahun. Selain memberikan pelatihan berupa Manajeman, promosi, keuangan, pemasaran dll. Pemkab Kudus juga memberikan insentif bantuan bagi wirausaha baru. Dengan syarat penerima bantuan harus lolos seleksi administrasi dan membuat proposal bisnis (bisnis plan). (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *