285 Calon Kades di Kudus Ikrar Siap Menang dan Kalah

Kudus, KUDUSSATU.com–Sebanyak 285 calon kepala desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Senin, berikrar bersama untuk mengikuti Pemilihan Kepala Desa Serentak 2019 secara damai serta siap menang atau kalah.

Ikrar damai serta dilanjutkan penandatanganan oleh semua calon kepala desa di Pendopo Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dengan dihadiri semua calon kepala desa serta dihadiri Pelaksana Tugas Bupati Kudus M. Hartopo, Kapolres Kudus AKBP Saptono, Komandan Kodim (Dandim) 0722/Kudus Letkol Arm Irwansyah, Kajari Kudus, serta sejumlah tamu undangan.

“Silakan para kontestan pilkades bersaing dengan sehat. Jika menang, jangan tinggi hati. Sebaliknya jika kalah, juga harus bersikap legawa,” kata Plt. Bupati Kudus M. Hartopo di Kudus, Senin dikutip dari Kominfo Kudus.

Menurut Hartopo, ikrar pilkades damai itu positif karena bertujuan menjaga situasi wilayah tetap kondusif.
Apalagi, lanjut dia, semua pihak mulai dari Kapolres hingga jajaran terbawah serta dari Kodim 0722/Kudus juga saling berkoordinasi, termasuk dengan jajaran Pemkab Kudus untuk menjaga agar pelaksanaan pilkades berlangsung lancar, aman, dan damai.

Dia juga mengajak masyarakat untuk menghilangkan budaya politik uang agar tidak menimbulkan efek yang kurang bagus mengingat tujuan pencalonan menjadi kepala desa juga untuk mendukung pembangunan di desa.

Kapolres Kudus AKBP Saptono menyebutkan jumlah personel pengamanan pada pilkades serentak di 115 desa sebanyak 1.000-an orang.

Mereka berasal dari Polres Kudus dibantu dari Polda Jateng, Brimob, serta bantuan personel pengamanan dari polres terdekat.

Ia juga mengingatkan jajarannya untuk bersikap netral dalam Pilkades Serentak 2019.

“Jika masyarakat menemukan anggotanya yang tidak netral dalam pilkades, terutama yang bertugas melakukan pengamanan, silakan dilaporkan agar bisa segera ditindaklanjuti,” ujarnya.(AN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *