Jalan Menuju Wisata Rahtawu Dilebarkan Dua Meter

Kudus, KUDUSSATU.com–Pemerintah Kabupaten Kudus akan melakukan pelebaran jalan perbatasan Gondosari-Rahtawu, Kecamatan Gebog, sepanjang 13 kilometer di tahun ini.

Akses jalan menuju kawasan wisata Rahtawu atau yang dikenal dengan kawasan 1.000 petilasan selama ini terbilang sempit.

“Rencana jalur jalan perbatasan Gondosari-Rahtawu akan dilebarkan dua meter atau masing-masing sisi jalan 1 meter. Pengerjaan InsyaAlloh dilakukan bulan ini,” kata sekretaris Kecamatan (Sekcam) Gebog, Fiza Akbar kepada kudussatu.com, Senin (2/9/2019).

Fiza mengakui bahwa akses jalan menuju Rahtawu terbilang sempit. Bahkan di titik-titik atau waktu tertentu kendaraan roda empat tidak bisa lewat bersamaan atau harus bergantian.

“Dengan pelebaran ini diharapkan akses bisa lebih lancar. Khususnya yang ke arah rahtawu,” ungkapnya.

Fiza mengungkap, adanya pelebaran jalan Gondosari-Rahtawu memiliki implikasi positif , khususnya untuk meningkatkan daya dorong ekonomi.

“Mobiltas ekonomi dipastikan lebih lancar dari sebelumnya. Titik-titik ekonomi baru juga akan berkembang,” harapnya.

Namun, lanjut Fiza, pelebaran jalan juga memiliki implikasi terhadap lingkungan. Karena dipastikan banyak pohon yang terdampak pelebaran jalan akan dipotong atau dirimbas.

Dengan banyak pohon yang dipotong, ujar Fiza, pasti berpengaruh terhadap kwalitas udara lingkungan sekitar. Apalagi pohon-pohon itu sudah ada puluhan tahun menjadi penghijauan di kawasan itu.

“Kami berharap pasca pelebaran jalan dilakukan penanaman atau penghijauan di sepanjang jalan tersebut,” pintanya.

Sementara itu, ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Rahtawu Sutrisno menyambut antusias pelebaran jalan arah ke Rahtawu. Diakuinya, akses jalan selama ini cukup memengaruhi mobilitas. Akses jalan yang sempit, katanya, selama ini memengaruhi tingkat mobilitas warga dan wisatawan yang ingin datang ke Rhatwu.

“Kami yakin dengan pelebaran jalan Gondosari-Rahtawu, tingkat kunjungan wisatawan khususnya ke Rahtawu akan meningkat pesat,” ungkapnya.(AH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *