Tahun 2020, Perangkat Desa Terima Gaji Tetap

KUDUSSATU.com–Pemerintah menetapkan untuk memberi gaji tetap bagi perangkat desa. Keputusan ini tertuang dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pidato Penyampaian Keterangan Pemerintah Atas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2020 di Kompleks Parlemen, Jumat (16/8/2019) lalu dikutip dari akurat.co.

“Pada tahun 2020, selain dukungan pendanaan kelurahan, Pemerintah juga mengalokasikan anggaran untuk penghasilan tetap perangkat desa,” ujarnya.

Alokasi anggaran tersebut masuk dalam anggaran dana desa tahun yang ditetapkan sebesar Rp72 triliun pada RAPBN 2020. Alokasi anggarannya tersebut kembali melonjak 2,8 persen dari anggaran dana desa 2019 sebesar Rp70 triliun.

Menurut Jokowi, pemberian gaji tetap ini bertujuan agar kinerja dan kualitas pelayanan penyelenggaraan Pemerintahan Desa meningkat. Sehingga diharapkan pelayanan perangkat desa kepada masyarakat semakin baik.

“Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk penghasilan tetap perangkat desa agar kinerja dan kualitas pelayanan penyelenggaraan pemerintahan desa meningkat,” lanjutnya.

Selain itu, pemerintah juga telah dialokasikan juga anggaran untuk penggajian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk mendukung pembiayaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Sebelumnya, pada 28 Februari 2019, Presiden Jokowi telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dalam aturan tersebut, penghasilan tetap diberikan kepada Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Perangkat Desa lainnya dianggarkan dalam APBDesa yang bersumber dari ADD (Anggaran Dana Desa). (AM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *