Pentas di TMII, Sendratari Jenang Kaliputu Hibur Warga Kudus yang di Jakarta

Jakarta, KUDUSSATU.com–Pelaksana Tugas Bupati Kabupaten Kudus HM Hartopo memberikan apresiasiasi atas langkah sejumlah seniman Kudus dalam mempromosikan budaya di Kabupaten Kudus melalui sendratari legenda produksi jenang di Desa Kaliputu, di anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) , Minggu (18/8/2019).


Penampilan ini diinisiasi oleh Pemprov Jateng bersama Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK), Ketua Paguyuban Jawa Tengah, Ketua Badan Penghubung Jawa Tengah dan masyarakat Kudus yang tinggal dan berdomisili di Jakarta.

“Kegiatan ini bernilai besar bagi potensi ekonomi masyarakat. Saya berharap agar upaya nguri-nguri budaya ini benar-benar membawa semangat mengembalikan nilai-nilai luhur yang menjadi dasar kearifan lokal masyarakat kita, di tengah derasnya arus pengaruh budaya global,” ujar Hartopo.

Sendratari yang dibawakan oleh sanggar tari Cak Kisut beranggotakan 35 orang. Tak hanya sendratari tapi juga menyajikan pertunjukan suasana kirab jenang tebokan khas Desa Kaliputu yang rutin digelar setiap tanggal 1 Muharram, sebagai ungkapan rasa syukur atas berkah usaha jenang yang dijalani.

Sementata itu, kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupateb Kudus mengatakan, penampilan tim kesenian di anjungan Jawa tengah TMII membawa misi untuk mengenalkan dan mempromosikan tradisi budaya di kabupaten Kudus.

Kesempatan yang strategis tersebut juga dimanfaatkan untuk sekaligus juga mengenalkan beragam produk unggulan dan sajian kuliner khas Kudus.

“Beberapa diantaranya adalah batik khas kudus, jenang kudus, kopi muria, dan sirup parijotho,” imbuhnya.

Sementara untuk kulinernya, lentog dan soto kudus menjadi pilihan untuk disajikan secara gratis kepada tamu undangan dan pengunjung. (AK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *