Luncurkan Kotak Donasi, Perpustakaan Kudus Ajak Masyarakat Mendonasikan Buku

Kudus, KUDUSSATU.com–Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus tidak kehilangan akal untuk menambah koleksi buku di tengah keterbatasan anggaran.

Melalui program yang diberi nama “Kotak Donasi” Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus mengajak masyarakat ikut berpartisipasi untuk mendonasikan bukunya.

“Idenya diawali keterbatasan buku yang ada di perpustakaan, karena masyarakat yang berkunjung terutama anggota perpustakaan datang ke sini ingin koleksinya ditambah,” kata Ekodiono, Humas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus, Kamis (1/8/2019).

“Kami mempunyai inisiatif untuk mengajak partisipasi masyarakat sesuai dengan undang-undang perpustakaan di situ ada pasal yang mengatur keterlibatan masyarakat sehingga lahirlah donasi berbentuk buku,”jelas Eko.

Program donasi buku ini, lanjut Eko, dimulai sejak 15 Juli 2019 kemarin dan saat ini tercatat sudah ada dua nama donatur buku. “Semoga setelah ini diketahui banyak orang, nantinya semakin banyak masyarakat yang ikut mendonasikan buka ke Perpustakaan,” ungkap Eko.

“Yang memberi kita catat sehingga ada pertanggungjawaban publiknya. Kemudian setelah ini buku akan diolah sesuai kaidah ilmu perpustakaan,” tambahnya.

Eko melanjutkan, buku ini nanti dapat menambah koleksi perpustakaan. Sementara itu, kata Eko, masyarakat lain bisa ikut membaca dan tambah pengetahuan.

“Selain beramal dengan uang juga bisa beramal dengan buku sehingga pahalanya bisa mengalir,” pungkas Eko.

Data dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus jumlah koleksi buku yang dimiliki hingga 2019 sebanyak 26.781 judul buku dengan jumlah buku mencapai 36. 924 eksemplar.(Al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *