Kudus Dapat Penghargaan Kota Layak Anak, JPPA: Masih Banyak PR Belum Dituntaskan!

Kudus, KUDUSSATU.com–Kabupaten Kudus berhasil meraih penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak tahun 2019.

Bahkan dua penghargaan berhasil diborong yaitu sebagai Kabupaten Layak Anak tipe Madya dan Pelopor Ruang Bermain Ramah Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dalam malam penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak di hotel Four Points, Makassar (23/7/2019) lalu.


Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Kudus HM Tamzil.

“Alhamdulillah, Kabupaten Kudus mendapatkan dua penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 2019 sebagai Kabupaten Layak Anak Kategori Madya dan Pelopor Ruang Bermain Ramah Anak,” kata Bupati Kudus HM Tamzil dikutip dari laman Facebook-nya.

Kendati mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak. Namun, faktanya masih banyak ditemukan permasalahan anak. Mulai kasus kekerasan anak, bullying, anak jalanan hingga kasus putus sekolah.

“Pemkab Kudus masih memiliki banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan terkait persoalan anak,” kata Ketua Jaringan Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Kudus, Noor Haniah kepada kudussatu.com.

Haniah mengungkap di peringatan Hari Anak sebetulnya masih banyak PR menyangkut anak. Di antara tersedianya sarana prasarana,fasilitas kebutuhan anak untuk mengekspresikan diri dan mencari jati diri masih sangat terbatas.

“Kami melihat belum tersedianya tempat bermain yang memadai. Termasuk tersedianya taman bacaan atau perpustakaan untuk anak,” ungkap Haniah.

Dilanjutkan Haniah, persoalan anak jalanan di Kudus juga belum dituntaskan. Hal itu terlihat masih banyaknya anak jalanan yang meminta-minta di tempat umum seperti di lampu merah dan fasilitas umum lainnya.

“Termasuk anak punk juga kurang tertangani dengan baik. Cara pendekatan terhadap mereka harus lebih manusiawi,” pintanya. (Al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *