Dukcapil Kudus Ujicoba Desa Satelit Adminduk di Colo

KUDUS, KUDUSSATU.com–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kudus segera mengujicoba pilot project layanan pencatatan dan pencetakan dokumen kependudukan bertajuk Desa Satelit Adminduk.

Desa Satelit Adminduk akan diterapkan ke desa-desa terjauh yang jarak ke Kota maupun Kecamatan di Kabupaten Kudus agar dengan mudah mendapat layanan pencatatan dokumen kependudukan.

Sekretaris Dinas Dukcapil, Putut Winarno menjelaskan jika desa percontohan akan mulai diuji coba untuk Desa Colo, Kecamatan Dawe pada akhir Juni 2019 mendatang.

“Kami mengusahakan untuk mendekatkan layanan adminduk kepada masyarakat, khususnya untuk desa-desa dengan jarak yang jauh ke Kecamatan dan ke Kota,” tandasnya, Kamis (14/6) dikutip dari kejoramuria.com.

Masyarakat bisa mengurus pencetakan dokumen baik itu akte kelahiran, akte kematian, kartu keluarga (KK), rekam dan cetak Ktp-el, bahkan pencetakan kartu identitas anak (KIA) dapat dilakukan secara mandiri di Desa.

“Jadi masyarakat datang, syarat lengkap, diproses ditempat, selesai, dan gratis. Tidak hanya layanan untuk warga Desa Colo, tapi warga desa sekitar juga dapat mengurus dokumen kependudukan di desa tersebut,” terangnya.

Saat ini, kata dia tengah dipersiapkan setting alat untuk pencetakan. Jaringan internet telah tersedia, sementara untuk tenaga SDM akan ditangani langsung oleh petugas dari Dukcapil.

Dalam jangka panjang, Dukcapil Kudus menargetkan desa-desa dengan jarak yang jauh dari Kecamatan dapat melakukan layanan pencatatan dan pencetakan dokumen kependudukan. (AH/AL).

Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Dinas Dukcapil Kudus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *