Kurangi Kemacetan di Jalan Jendral Sudirman, Tamzil: Pagi Satu Arah, Malam Dua Arah

KUDUSSATU.COM, KUDUS —Pemkab Kudus mengambil langkah cepat atas banyaknya laporan masyarakat terkait kemacetan yang sering terjadi di kawasan jalan Jendral Sudirman. Khususnya titik utama kemacetan berada di depan Pasar Kliwon.

Untuk mengurai persoalan kemacetan, Pemkab Kudus dan Kepolisian Resor Kudus sepakat untuk memberlakukan dua sistem jalur.

“Nantinya, jalan Jendral Sudirman diberlakukan dua sistem yakni menjadi sistem satu arah dan dua arah. Sistem satu arah dilaksanakan mulai pukul 05.00 WIB hingga 18.00 WIB. Sementara untuk sistem dua arah dimulai pada pukul 18.00 WIB hingga 05.00 WIB,” kata Bupati Kudus H.M. Tamzil dalam rapat koordinasi manajemen rekayasa lalu lintas jalan Jendral Sudirman yang berlangsung di Command Center Diskominfo Kudus, pada Rabu (8/5) siang.

Ia menyampaikan, diberlakukannya dua sistem jalur tersebut setelah pihaknya mengamati kondisi jalan Jenderal Sudirman selama kurang lebih tujuh bulan.

“Setelah kami mengamati kurang lebih tujuh bulan, ada beberapa hal yang harus kami sempurnakan terutama terkait arus lalu lintas. Dalam rangka memperlancar arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman, kami memberlakukan dua sistem. Pada siang hari, kendaraan dari arah simpang tujuh menuju timur ke arah Pati dapat lewat jalan Jendral Sudirman.

Berikut skema jalur Jendral Sudirman saat pagi hari saat pemberlakuan satu arah. Jalur satu arah diberlakukan dari pukul 05.00-18.00 WIB.

Sementara kendaraan dari arah Pati lewat jalan Bhakti atau jalan HOS Cokroaminoto,setelah pukul 18.00 WIB sampai 05.00 WIB, diberlakukan jalur dua arah,” jelasnya.

“Pemberlakuan dua sistem tersebut akan dimulai pada Sabtu, 11 Mei 2019 mendatang. Sebelumnya, sosialisasi kepada masyarakat akan dimulai pada esok hari,” imbuhnya.

Kapolres Kudus, AKBP Saptono menyatakan sepakat dengan sistem dua jalur di jalan Jendral Sudirman. Pihaknya juga akan mengatur traffic light sehingga mengurangi kepadatan kendaraan di beberapa tempat.


“Kami akan mengatur kembali lampu lalu lintas agar tak terjadi penumpukan kendaraan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus, Abdul Halil menyatakan persiapan dua sistem di Jalan Sudirman akan dilakukan secepatnya.

“Kami akan segera memasang rambu-rambu lalu lintas di sekitar jalan Jenderal Sudirman untuk mempersiapkan dua sistem tersebut. Selain sistem dua jalur, kami juga akan mengatur kembali parkir kendaraan di Pasar Kliwon supaya tidak menghambat laju lalu lintas,” pungkasnya.(Al/Am).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *