Tamzil Lantik Tiga Dirut BUMD, KKPUKS: BUMD Selama Ini Hanya Jadi “Sapi Perah” Pejabat

KUDUSSATU.com, KUDUS–Sebanyak tiga direktur utama (Dirut) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkab Kudus, resmi dilantik Bupati Kudus H.M.Tamzil, Jum’at (3/5/2019).

Ketiganya yaitu Ayatulloh Khumaini sebagai Dirut Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Irwan Alwi Hidayat sebagai Dirut Perusahaan Daerah Percetakan dan Jasiran sebagai Dirut Perusahaan Daerah Apotek.

Selain ketiga Dirut, Tamzil juga melantik sejumlah Dewan Pengawas di antaranya ; Sulikan sebagai Direktur Teknik PDAM, Hermansyah Bakri sebagai Dewan Pengawas PDAM, Harun Rosyid sebagai Dewan Pengawas PD Percetakan, dan Syaifuddin Sulistiyono sebagai Dewan Pengawas PD Apotek.

“Kami berharap mereka bisa bekerja dengan profesional dan mampu meningkatkan kinerja perusahaan daerah,” kata Ketua Komisi B DPRD Kudus, Mukhasiron.

Di tengah kabar gembira penunjukkan pejabat teras baru di perusahaan plat merah di Kudus itu. Ternyata sejumlah pihak menuding bahwa keberadaan BUMD selama ini hanya dijadikan sebagai sapi perah oknum pejabat.

“Kami pesimis walaupun berganti pengelola, kesan selama ini BUMD hanya dijadikan sapi perah oknum pejabat sangat kental,” kata Biyanto, perwakilan Kaukus Kudus Peduli Untuk Keadilan Sosial kepada kudussatu.com.

Ia menuding, banyak conflik of interest di internal BUMD. Termasuk banyak tangan-tangan ghaib yang mencari rente di lingkaran BUMD.

Biyanto menyebutkan, bahkan selama ini BUMD selalu menunggu penyertaan modal dari Pemkab. Yang dibalik itu, kata dia, justru berpotensi terjadi kong-kalikong antara eksekutif dan legislatif.

“Kami berharap pola seperti itu tidak terjadi di pemerintahan Tamzil. Walaupun kami tidak yakin 100 persen,” ungkapnya.
“Kita liat nanti kinerja baru pejabat di BUMD seperti apa. Sebagai masyarakat kita siap untuk mengkritisi,” tandasnya. (AL/AH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *