Berikan Motivasi Kepada Peserta UNBK Tingkat SMP, Wakil Bupati Kudus Harapkan Lulusan Berkualitas

KUDUS, KUDUSSATU.com – Wakil Bupati Kudus HM. Hartopo memberikan motivasi kepada para pelajar yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMPN 3 Kudus, SMPN 2 dan SMP 2 Undaan, Selasa (23/4/2019) pagi.

Dalam kesempatan ini, orang nomor dua di Kabupaten Kudus tersebut memberikan motivasi kepada para pelajar untuk tetap semangat dan percaya diri selama proses ujian berlangsung.

“Kepada para siswa dan siswi agar tetap semangat dan fokus dalam mengikuti pelaksanaan ujian nantinya,” ujar Wakil Bupati Hartopo yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga Kudus, Joko Susilo.

Kehadiran Wakil Bupati Kudus dalam rangka menguatkan mental siswa-siswi yang sedang mengikuti ujian. Ia meminta para siswa untuk fokus sebagai kunci keberhasilan dalam mengerjakan ujian.

“Fokus untuk mengingat-ingat materi yang sudah kalian pelajari, InsyaAlloh semua dapat mengerjakan dengan baik,” ujar Hartopo.

Hartopo meminta agar anak-anak tak hanya belajar untuk ujian saja, tapi kemauan belajar ke jenjang yang lebih tinggi.

“Saya sudah S1 dua kali, S2 dua kali, sekarang saya masih menyelesaikan S3. Saya sampai sekarang masih sekolah. Saya harap kalian besok juga terus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,” ucapnya memotivasi.


H.M. Hartopo juga berpesan agar anak-anak tak hanya belajar untuk ujian saja, tapi kemauan belajar untuk ke jenjang yang lebih tinggi. “Saya sudah S1 dua kali, S2 dua kali, sekarang saya masih menyelesaikan S3. Saya sampai sekarang masih sekolah. Saya harap kalian besuk juga terus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,” ucapnya.

Di kesempatan itu, Hartopo memberikan apresiasi atas antusiasme peserta ujian (SMP 2 Kudus) dalam menghadapi UNBK. Dikatakannya, target Pemkab Kudus tak hanya lulus 100 persen, namun diikuti siswa yang berkualitas.

“Biasanya sekolah yang menarget 100 persen lulus, namun kami dan Disdikpora lebih mengedepankan kualitas yang baik,” tukasnya.

“Para siswa diharapkan lulus berprestasi, tak hanya sekedar lulus dengan nilai yang pas-pasan. Kedepan, pihaknya berharap Kudus tak hanya dikenal sebagai kota religi, tapi juga kota pelajar,” tandasnya.

Hartopo juga mengapresiasi sistem online dalam ujian nasional. Menurutnya sistem ini lebih transparan baik pelaksanaan maupun penilaian.

“Sekarang tidak akan ada lagi penambahan nilai di ujian nasional. Semuanya dapat dilihat hasilnya secara online. Hal ini harus disosialisasikan kepada masyarakat,” tuturnya.

Selain memotivasi para siswa, H.M. Hartopo juga mengecek kesiapan sekolah dalam melaksanakan UNBK. SMP 3 Kudus, SMP 2 Kudus, dan SMP 2 Undaan dinilai H.M. Hartopo sangat siap dalam melaksanakan UNBK.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Joko Susilo berharap pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar dari awal sampai selesai. Ia yakin target 100 persen kelulusan dapat tercapai.

“Tidak hanya lulus 100 persen, tapi kami yakin nilai ujian dapat meningkatkan dibanding tahun sebelumnya. Pokoknya harus meningkat dan lebih baik,” ungkap Joko.

Sementara itu, Kepala SMP 2 Undaan, Ahadi Setiawan menyebutkan pelaksanaan UNBK sampai hari kedua berjalan dengan lancar. Ia mengatakan, sebanyak 291 siswa SMP 2 Undaan mengikuti UNBK.

“Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada siswa yang absen maupun telat. Listrik juga tidak ada masalah sampai sekarang, meskipun begitu, kami juga menyediakan genset,” ucapnya.

“Dengan tiga memiliki tiga laboratorium komputer, SMP 2 Undaan optimis sukses melaksanakan UNBK seperti tahun sebelumnya,” imbuhnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *