Puskaptis: Prabowo-Sandi Unggul Lima Propinsi di Jawa

KUDUSSATU.com–Lembaga survei Puskaptis merilis hasil survei kekuatan pasangan capres-cawapres di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya Pulau Jawa. Menurut Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid, ada lima provinsi di Pulau Jawa yang dikuasai oleh capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Husin menyebut, lima provinsi di Pulau Jawa yang dikuasai oleh Prabowo-Sandi itu di antaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.
Untuk DKI Jakarta, hasil survei Puskaptis itu menempatkan Prabowo-Sandi di angka 57,55 persen. Sedangkan Jokowi-Ma’ruf meraih 41,27 persen.

“Jawa Barat pasangan Prabowo-Sandi 56,58 persen dan Jokowi-Ma’ruf 38,33 persen. Wilayah Banten Prabowo-Sandi 56,43 persen dan Jokowi-Ma’ruf 38,12 persen,” ujar Husin saat merilis hasil surveinya di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (8/4/2019).

“Keunggulan tersebut diperkuat Provinsi DI Yogyakarta, kedua pasangan Prabowo-Sandi 53,55 persen dan Jokowi-Ma’ruf 43,84 persen, Serta Jatim Prabowo-Sandi 51,23 persen dan Jokowi-Ma’ruf 47,19 persen,” sambungnya.

Husin menjelaskan, keunggulan pasangan Prabowo-Sandi di lima provinsi di Pulau Jawa itu dikarenakan salah satunya rakyat lebih menyukai sosok pemimpin baru dan ingin adanya perubahan.

Menurut dia, Prabowo-Sandi dianggap lebih mumpuni, pantas dan pro terhadap rakyat. Selain itu, Prabowo-Sandi juga dipandang memiliki karakter yang tegas.

“Namun satu Provinsi Jawa Timur pasangan Jokowi-Ma’ruf mengungguli pasangan nomor urut 02. Mengingat Pulau Jawa dengan jumlah pemilih terbesar sekitar 58,14 persen atau sekitar 107.982.593 pemilih, menjadikan wilayah ini sebagai lumbung suara dalam memenangkan pertarungan di Pilpres 17 April 2019,” jelasnya.

Puskaptis sendiri menggelar survei pada 26 Maret-2 April 2019 secara proporsional di 34 provinsi yang punya hak pilih dalam Pilpres 17 April 2019, yaitu yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah dan terdaftar di KPU sebagai pemilih ketika survei dilakukan.

Selanjutnya random di tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan/desa, kampung/RW/RT, penyebaran wilayah di 50 persen perkotaan 50 persen pedesaan.

Adapun jumlah sampel responden yang diambil sebanyak 2100. Penentuan responden dilakukan secara random sistematis dengan marginerror + 2,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling.

Sumber: rilis.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *