Tamzil Dorong Lahirnya Ekonomi Berbasis Komunitas dan Holding Company di Kudus

Kudus, kudussatu.com--Bupati Kudus HM Tamzil menyambut baik usulan pengembangan ekonomi berbasis komunitas yang orientasinya pada mobilisasi ekonomi rakyat.

Hal itu disampaikan Tamzil saat membuka forum Musrenbang tingkat kabupaten di pendapa rumah dinas bupati, Selasa (26/3/2019).

Dalam forum Musrenbang, Kaukus Kudus Peduli Keadilan Sosial menyodorkan proposal pengembangan ekonomi yang berbasis komunitas.

Proposal berjudul ”Geo Center, Solusi Atasi Kesenjangan, Kemiskinan dan Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi” diharapkan menjadi terobosan di tengah guncangan ekonomi global.

“Saya mendukung proposal atau usulan ini, yang ada kemiripan dengan progam yang sudah ada dari Pemkab Kudus. Kami minta Bappedalitbang bisa menindaklanjuti in sebagai usulan program dari rakyat,” kata Tamzil.

Menurut Tamzil, Green Economy Community (GEO) cukup bagus dan diharapkan bisa lebih dikonkretkan pada tataran teknis.

“Termasuk usulan holding company atau PT Daerah juga bagus. Tinggal untuk segera menyiapkan berbagai instrumen yang dibutuhkan serta paparan yang lebih detail,” ungkapnya.

“Saya akan tunggu sekaligus dikaaih waktu dua minggu untuk merancang dan konsep yang lebih matang,” imbuhnya.

Sementara itu, Biyanto dari perwakilan Kaukus Kudus Peduli Keadilan Sosial menyampaikan terimakasih atas respon yang diberikan oleh bupati terhadap konsep green economy community ang kami usulkan.

“Konsep ekonomi ini lebih mengarah pada mobilisasi ekonomi. Bagaimana ekonomi bisa tumbuh dari bawah ke atas,” katanya.
Lebih lanjut, Biyanto melihat bahwa mobilisasi ekonomi dilakukan dalam rangka untuk menjamin rakyatnya untuk mampu bersaing.

“Mobilisasi ekonomi atau ekonomi partisipatif merupakan sebuah keniscayaan dalam menghadapi persoalan ekonomi,” tukasnya.

“Geo Center merupakan sektor hilirnya. Sementara sektor hulunya yaitu PT Daerah (holding company) sebagai wadah besarnya,” pungkasnya. (AL/AM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *