Aneh, Kabag Perekonomian Kudus Bingung Ditanya Konsep PT Daerah

KUDUS, KUDUSSATU.com–Kepala Bagian Perekonomian Setda Kudus, Dwi Agung Hartono, merasa bingung soal konsep PT Daerah.

“Setahu saya di Jawa Tengah tidak ada PT Daerah, yang ada BUMD. Kalaupun ada belum jelas keberhasilan dan kiprahnya,” kata Agung kepada kudussatu.com, Kamis (21/3/2019).

Dikatakan Agung, pihaknya merasa bingung seperti apa bentuk PT Daerah. Ia hanya tau soal BUMD atau Perusda. Ia juga tidak bisa menyebutkan keberadaan PT Daerah.

“Setahu saya kalau di Kudus adanya BUMD atau Perusda seperti PDAM, Apotek Daerah, dan Percetakan Daerah,” ujarnya.

BUMD adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Daerah.BUMD terdiri atas:1.Perusahaan umum daerah (Perusda); dan 2. Perusahaan perseroan (PT) daerah.

Ditinjau dari aspek kepemilikan saham kalau Perusahaan Umum Daerah adalah BUMD yang seluruh modalnya dimiliki oleh satu daerah dan tidak terbagi atas saham.

Sementara Perusahaan Perseroan (PT) Daerah adalah BUMD yang berbentuk perseroan terbatas yang modalnya terbagi dalam saham yang seluruhnya atau paling sedikit 51% sahamnya dimiliki oleh satu daerah.

Ditinjau dari organ perusahaan Perusda terdiri atas Kepala Daerah selaku Wakil Daerah sebagai Pemilik modal, direksi dan dewan pengawas. Sedangkan organ perusahaan perseroan (PT) Daerah terdiri atas rapat umum pemegang saham, direksi, dan komisaris, selanjutnya diatur dalam Peraturan Pemerintah.(AM/AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *