Seleksi OSN SMP Tingkat Kabupaten Diikuti 144 Siswa, Disdikpora Kudus Targetkan Masuk Tiga Besar Nasional

KUDUS, KUDUSSATU.com –Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudua, Sabtu (16/3/2019) menggelar seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMP Tingkat Kabupaten Kudua tahun 2019 di SMP Negeri 1 Bae. Kegiatan ini diawali dengan apel bersama yang dipimpin langsung oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Kudus Joko Susilo.

Pembukaan seleksi OSN jenjang SMP tingkat Kabupaten Kudus ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Suharto, Kasi Kurikulum Disdikpora Kabupaten Kudus Djamin, seluruh Pengawas SMP, Kepala SMP serta para pendamping masing-masing mata pelajaran (mapel) Matematika, IPA dan IPS.

OSN merupakan suatu kegiatan yang bersifat kompetitif dibidang Sains bagi siswa SMP yang dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi dan nasional. Kegiatan ini memperlombakan mata pelajaran (mapel) Matematika, IPA dan IPS.

Di Kudus, tercatat ebanyak 144 siswa SMP mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus.

Sebanyak tiga mata pelajaran yang diperlombakan yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Targetnya kita bisa masuk tiga besar nasional. Atau salah satu mapel minimal bisa masuk tiga besar,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus Joko Susilo melalui Kepala Seksi Kurikulum Djamin, seusai membuka seleksi OSN tingkat kabupaten Kudus di SMP 01 Bae.

Untuk peserta OSN, ujar Djamin adalah siswa yang merupakan juara 1,2,3 mapel di tingkat sekolah. Kemudian mereka dilombakan ke jenjang kabupaten, nanti juara 1,2,3 akan masuk ke propinsi awal April di Semarang.

“Selanjutnya, para juara 1,2,3 OSN tingkat kabupaten akan mendapatkan piagam penghargaan, piala serta memperoleh uang pembinaan. Termasuk, mereka nantinya akan mengikuti lomba ke tingkat propinsi,” ujarnya.

Kepala Seksi Kurikulum Disdikpora Kudus Bapak Djamin (kanan) sesuai membuka seleksi OSN SMP Tingkat Kabupaten Kudus di SMP 01 Bae.

Setelah lolos di propinsi, lanjut Djamin akan diambil para juara 1,2, dan 3 dan perwakilan kabupaten. Karena mungkin ada juara tertentu didominasi daerah tertentu.

“Sehingga biasanya akan menyertakan perwakilan. Ada peserta peringkat, ada peserta perwakilan,” bebernya.

Djamin menyebutkan ada sejumlah daerah di Jawa Tengah yang menjadi pesaing berat kontingen Kabupaten Kudus. Di antaranya dari Kabupaten Semarang, Kota Magelang dan Kota Surakarta.

“Masing-masing sekolah sudah membentuk tim khusus di kegiatan lomba jenjang Sekolah. Masing-masing juara akan diberikan/diarahkan dengan narasumber ahli di masing-masing bidang dengan cara didrill, ” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *