54 Siswa SD di Kudus Ikuti Seleksi OSN Tingkat Kabupaten, Disdikpora Targetkan Raih Juara OSN Tingkat Nasional Tahun 2019

KUDUS, KUDUSSATU.com – Sebanyak 54 siswa SD mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten Kudus. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menargetkan juara di tingkat Jawa Tengah dan lolos seleksi OSN tingkat nasional.

Demikian disampaikan oleh Kepala Disdikpora Kudus Joko Susilo, seusai membuka seleksi OSN tingkat kabupaten Kudus di SD 02 Mlati Kidul, Rabu (13/3/2019).

Joko menyebutkan, OSN tingkat Kabupaten Kudus diikuti sebanyak 54 siswa SD yang merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Kudus. Untuk persiapan, kata Joko, relatif udah cukup kendati mepet karena Minggu ke empat sudah masuk ujian.

“Untuk OSN 2019, khusus hanya melibatkan partisipasi dari SD negeri dan SD swasta,” ujarnya.

Dijelaskannya, OSN merupakan ajang bergengsi bagi siswa di Indonesia. Diharapkan, siswa SD dari Kudus ada yang lolos sampai nasional. Mereka yang lolos seleksi ini lanjut Joko, sudah terlebih dahulu mengikuti seleksi tingkat kecamatan.

“Setelah mereka lolos tingkat kabupaten, maka akan diikusertakan OSN ditingkat provinsi, dan setelah lolos provinsi maka akan melaju ke tingkat nasional. Untuk OSN SD ini ada dua mata pelajaran yang dilombakan yaitu Matematika dan IPA,” ungkapnya.

Tahun lalu, kata Joko, dari Kudus sudah ada yang lolos hingga nasional dengan mata pelajaran matematika.

“Dan untuk tahun ini kami menargetkan lolos nasional dan meraih juara,” harapnya.

Lebih lanjut, Joko menjelaskan bahwa OSN merupakan kompetisi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa SD di bidang matematika dan IPA baik dalam bentuk pemahaman maupun analisis, sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, OSN juga memetakan kemampuan siswa di bidang mata pelajaran tersebut sesuai standar mutu nasional.

“Rencananya, siswa yang lolos pada OSN kabupaten akan dipilih yang terbaik untuk maju ke tingkat provinsi pada Rabu (27/3/2019),” tukasnya.

Sejumlah peserta yang mengikuti seleksi OSN tingkat kabupaten Kudus di SD 02 Melati Kidul.

Sementara itu, Kepala Seksi Kurikulum Disdikpora Kudus Djamin menambahkan, peserta OSN tingkat SD ini merupakan para juara dari 9 UPTD di Kabupaten Kudus.

Nantinya juara 1,2 dan 3 Bidang IPA dan Matematika tingkat kabupaten, akan dikirim mewakili Kudus untuk mengikuti OSN tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan di laksanakan pada Rabu (27/3/2019).

“Harapan kita tahun ini ada siswa SD dari Kudus yang mampu lolos mengikuti OSN Tingkat Nasional di Yogyakarta. Alhamdulillah tahun lalu, ada satu siswa dari Kudus berhasil meraih juara matematika di OSN tingkat nasional. Semoga tahun ini dua-duanya dapat juara,” pintanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *