Disdikpora dan Kemenag Gelar Sosialisasi Unas dan Penandatangan Pakta Integritas

KUDUS, KUDUSSATU.com– Dinas Pendidikan Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus bersama dengan Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sosialisasi ujian nasisonal (Unas) di aula SMKN 1 Kudus.

Sebanyak 19 sekolah dari tingkat SMP/MTs di Kabupaten Kudus tahun ini masih melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dengan menumpang ke sekolah lain. Hal ini karena belum adanya sarana dan prasarana yang memadai untuk pelaksanaan UNBK di sekolah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus Joko Susilo menyampaikan, tahun ini ada 28 SMP negeri, 21 SMP swasta, dua MTs negeri, dan 63 MTs swasta yang mengikuti UNBK.

”Sekolah yang mengikuti UNBK mandiri ada 94 sekolah, terdiri dari 27 SMP negeri, delapan SMP swasta, dua MTs negeri, dan 57 MTs swasta. Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, pelaksana UNBK mandiri ada peningkatan, karena tahun sebelumnya masih ada 55 sekolah yang masih numpang ke sekolah lain,” tuturnya.

Joko menambahkan, secara umum pelaksanaan UNBK hampir sama. Perbedaannya, hanya pada pengelolaan yang semula menjadi satu di lembaga penjaminan mutu pendidikan (LPMP), tahun ini dikelola oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Namun, penilaian dan ketentuan kelulusan masih sama.

Pada kesempatan tersebut, Disdikpora bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus yang diwakili dari beberapa SMP dan MTs, menandatangani pakta integritas pelaksanaan UNBK 2019.

Adanya kerja sama keduanya, diharapkan pelaksanaan UNBK akan berjalan lancar dengan hasil yang baik. Kepala Kemenag Kudus Noor Badi menyampaikan, kesiapan UNBK tahun ini lebih baik dibandingkan tahun lalu. Tahun ini koordinasi dengan Disdikpora ditingkatkan.

”Nanti akan digelar istighosah bersama di alun-alun Kudus untuk persiapan UNBK pada Sabtu (16/3) mendatang,” ungkapnya. (SN/AM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *