Disdikpora Kudus Targetkan Lolos Tingkat Nasional di Ajang OSN dan FLS2N

KUDUS, KUDUSSATU.com-Kabupaten Kudus menargetkan tahun ini ada beberapa siswanya yang lolos ke tingkat nasional untuk mewakiliki Jateng di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat nasional tahun 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Joko Susilo melalui kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Disdikpora Djamin mengatakan Disdikpora Kudus menargetkan ada siswa-siswi baik Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mampu tembus ke level nasional. Baik di even Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

“Tahun lalu hanya sampai di tingkat propinsi. Kami berharap tahun ini ada yang lolos ke tingkat nasional,” kata dia.
Ia menyebutkan, pihak sekolah telah melakukan penjaringan untuk siswa-siswi yang akan diikutkan perlombaan baik tingkat SD maupun SMP.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Suharto dan Kepala Seksi Kurikulum Djamin berfoto bersama siswa-siswi di ajang OSN & FLS2N tingkat kabupaten.

“Disdikpora juga sudah memberikan pengumuman beberapa jadwal perlombaan untuk tingkat SD maupun SMP. Untuk OSN dan FLS2N sama-sama sudah kami persiapkan,” ungkapnya.

Djamin mengungkapkan, jika tahun lalu hanya sampai ke tingkat propinsi, dirinya yakin ada perwakilan dari Kabupaten Kudus (OSN &FLS2N) ke tingkat nasional. “Sudah dilakukan seleksi untuk tingkat SD dan SMP melalui kegiatan ekstrakurikuler. Baik bidang seni, olahraga, maupun akademik,” tukasnya.

Masih kata Djamin, adanya lomba atau festival ini dapat memicu dan mendorong pengamalan Pancasila dalam wujud seni, olahraga dan akademik. Sehingga, bisa memperkokoh karakter siswa.

“Misalnya FLS2N, dapat mendorong minat dan bakat siswa di bidang seni dalam rangka membangun karakter siswa.Berdasarkan nilai-nilai yang berakar dari budaya nusantara,” terangnya.

Selanjutnya, menurut Djamin torehan prestasi dalam kompetisi nanti diniatkan untuk kemajuan bangsa. Sekaligus menjadi wadah penyatu segala perbedaan dan pijakan untuk meraih prestasi gemilang bersama-sama.

“Melalui kompetisi ini diharapkan anak-anak berbakat semakin percaya diri menampilkan bakatn-ya. Mereka semakin yakin dan dapat menunjukkan yang terbaik dari bakatnya tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas)Suharto mengungkapkan, jika bakat siswa bisa terasah melalui kegiatanekstrakurikuler. Sekolah-sekolah sudah mempersiapkan peserta untuk OSN dan FLS2N.

”OSN dan FLS2N merupakan kompetisi berjenjang. Alhammdulillah tahun lalu sudah banyak yang maju tingkat provinsi. Target tahun ini membawa keberhasilan sampai tingkat nasional. Ya, semoga bisa mempersiapkan dari sekarang,” tukasnya.

“Lomba-lomba tersebut dapat menanamkan rasa percaya diri siswa untuk tampil di depan umum,” pungkasnya.

Beberapa ajang perlombaan di-antaranya, kaligrafi , pantomim, menyanyi, seni tari, berbagai macam lomba sains, dan olah-raga. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *