Tunjangan Guru Swasta Rp 1 Juta Besok Cair, Tamzil Akan Serahkan Simbolis

KUDUS, KUDUSSATU.com-Pencairan Dana Hibah Tunjangan Kesejahteraan Guru Swasta (TKGS) dengan nominal sebesar Rp 1 juta direncanakan dalam waktu dekat sudah cair.

Bupati Kudus HM Tamzil dijadwalkan akan menyerahkan secara simbolis di Pendapa Rumah Dinas Bupati, Jum’at (4/1/2019).


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kholid Seif menyebutkan, nantinya ada sekitar 250 orang akan menerima penyerahan simbolis langsung dari Bupati. Dengan rincian, FPPMS 75 orang, Wiyata Bhakti 75 orang, Bakdo TPQ 40 orang, FKDT 35 orang dan Diakonia 25 orang.

“Dari 250 yang diundang, nanti ditunjuk perwakilan 20 orang yang akan menerima secara simbolis oleh Bupati Kudus,”kata dia kepada kudussatu.com, Kamis (3/1/2019).

Berdasarkan data awal terdapat sekitar 12.000 orang atau penerima dana hibah Tunjangan Kesejahteraan Guru Swasta (TKGS). Namun, setelah dilakukan validasi dan evaluasi sebayak 2.000 orang dinyatakan tidak memenuhi karena berbagai faktor. Sehingga yang memenuhi syarat hanya sekitar 10.000 orang.

Pemerintahan Tamzil-Hartopo menggalokasikan anggaran cukup besar untuk tunjangan guru swasta yang diambilkan dari APBD Kudus 2019. Total dana APBD yang digelontorkan mencapai Rp 144 miliar.

Wakil Ketua Fraksi PKB yang juga Sekretaris DPC PKB Kudus, Mukhasiron mengucapkan banyak terimah kasih kepada semua fraksi dan komisi serta anggota banggar yang telah sepakat dan mendukung program tersebut.

“Walaupun banyak dinamika dalam pembahasan. Alhamdulillah, akhirnya sudah ketok palu,” katanya.

Mukhasiron juga mengapresiasi Bupati Kudus, Tamzil dimana dalam proses pencairan tunjangan tersebut dipermudah melalui via ATM. Menurutya, hal ini untuk memangkas birokrasi sehingga tunjangan bisa langsung diterima dan tidak bertele-tele.

“Saya juga berharap dalam proses verifikasi guru ini agar tidak terjadi penerima ganda supaya tidak muncul persoalan dikemudian hari. Pemkab harus selalu intens berkoordinasi dengan stakeholder terkait guna menghindari duplikasi data,” pungkasnya .(AM/AH).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *