Layanan Gratis Kelas 3 Dihentikan, Begini Penjelasan Dirut RSUD Kudus!

KUDUS, KUDUSSATU.com-Dihentikannya layanan gratis kelas 3 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudus per tanggal 31 Desember, langsung memicu polemik di masyarakat. Maka tak heran, jika warga miskin akan menjerit dengan kondisi ekonomi yang semakin sukit. Mereka khawarit tidak lagi mendapat pelayanan kesehatan secara gratis.

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus, Dr Aziz Akhyar memberikan penjelasan terkait dihentikannya layanan gratis kelas 3 di rumah sakit plat merah.

“Layanan gratis kelas 3 memang resmi dihentikan. Nanti warga (pasien) diharuskan mendaftar sebagai peserta JKN KIS,” kata Aziz kepada kudussatu.com, Selasa (1/1/2019).

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.Disebutkannya, untuk data warga tidak mampu, pihak dinas akan melakukan verifikasi. Warga tidak mampu yang sudah masuk layanan kelas 3 pun juga akan dijadikan dasar.

“Namun mereka yang tak masuk daftar akan diproses pembuatan baru dengan sistem prioritas oleh Dinas Sosial,” jelasnya.

Aziz menengungkapkan akan segera menyosialisasikan Surat Edaran Sekretaris Daerah, yang baru diterima Senin sore (31/12/2018) sekitar pukul 16.00 WIB.

“Sebenarnya agak repot karena surat dikirim mepet, tapi kami langsung sosialisasikan melalui media sosial,” jelasnya.

Aziz menambahkan bahwa penghentian layanan gratis kelas 3 ini tidak terkait dengan defisit anggaran BPJS.

Namun, karena ada koreksi dari Gubernur Jawa Tengah. Yaitu dalam rangka mewujudkan Universal Health Coverage, Pemkab Kudus agar mengupayakan integrasi layanan Jaminan Kesehatan Daerah dengan Jaminan Kesehatan Nasional.

“Tujuannya untuk penyelenggaraan jaminan kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu, salah satunya sesuai dengan UU Nomor 4 Tahun 2004, yang tidak masuk cakupan penyelanggaraan jaminan kesehatan melalui BPJS yang bersumber dari APBN,” tukas Aziz.(AH/AL).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *