Warga Miskin Menjerit, Layanan Gratis Kelas 3 RSUD Kudus Dihentikan


KUDUS, KUDUSSATU.com– Layanan gratis untuk kelas 3 di RSUD Kudus telah berhenti per 1 Januari 2019. Hal ini semakin membuat warga miskin menjerit di saat situasi ekonomi sulit.

Pasalnya, program tersebut bakal beralih pada BPJS Kesehatan. Demikian isi Surat Edaran dari Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Nomor :440/8265/11.00/2018 yang ditujukan kepada Direktur Utama RSUD Loekmono Hadi Kudus tertanggal 31 Desember 2018.

Terkait Surat Edaran tersebut, Direktur Utama RSUD Kudus, Dr Aziz Akhyar, mengatakan, peralihan layanan kesehatan bagi warga tidak mampu tersebut sudah dirapatkan bersama dengan Dinas Kesehatan dan Intsnasi terkait.

“Itu jadi kebijakan mereka, kami hanya menjalankan layanan. Layanan kelas 3 ini hanya berlaku sampai akhir Desember 2018, selanjutnya pakai BPJS,” kata Aziz saat dikonfirmasi kudussatu.com.

Surat Edaran dari Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus terkait penghentian layanan gratis kelas 3 untuk RSUD Kudus, Senin (31/12/2018).

Menurutnya, untuk data warga tidak mampu, pihak dinas akan melakukan verifikasi. Warga tidak mampu yang sudah masuk layanan kelas 3 pun juga akan dijadikan dasar. Namun mereka yang tak masuk daftar akan diproses pembuatan baru dengan sistem prioritas oleh Dinas Sosial.

“Salah satu dasarnya yang sudah kami layani ke kelas 3 ini. Jadi nanti tidak perlu lagi mereka mengurus keterangan tidak mampu, cukup dengan menyerahkan BPJS. Di rumah sakit manapun bisa, jadi tidak hanya di RSUD,”tukasnya. (AH/AL).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *