Antisipasi Kecurangan Pemilu, Bupati Kudus Bakar 7.377 Keping e-KTP Rusak

Bupati Kudus HM Tamzil dan Wakil Bupati Kudus HM Hartopo melakukan pembakaran e-KTP invalid dan rusak, Jum’at (28/12/2018).


KUDUS, KUDUSSATU.com – Bupati Kudus HM. Tamzil membakar sebanyak 7.377 keping e-KTP yang sudah tidak berlaku dan rusak di Halaman Pendapa Rumah Dinas Bupati, Jum’at (28/12/2018).

Tamzil didampingi oleh Wakil Bupati Kudus HM. Hartopo, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kholid Seif dan Plt Kepala Disdukcapil Putut Winarno.

“Pemusnahan dilakukan guna mengantisipasi penyalahgunaan dokumen catatan kependudukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab dan modus penipuan,” kata Tamzil di hadapan wartawan.

Disampikan Tamzil, menjelang Pemilu, biasanya rentan disalahgunakan oleh capres-cawapres atau caleg yang ingin menang dengan cara yang tak terhormat.

“Untuk menghindari penyalahgunaan sebagai alat penipuan, apalagi sebentar lagi akan ada pesta demokrasi, alangkah lebih terhormat bila kemenangan diraih secara jujur,” ungkapnya.

Ia menambahkan, e-KTP ini sebenarnya bisa langsung didistribusikan ke pemiliknya, namun dikarenakan orangnya sudah pindah domisili, atau orangya sudah meninggal dunia, secara otomatis e-KTP menjadi tidak berlaku.

“e-KTP ini, yang punya sudah pindah domisili, atau orangnya sudah meninggal dunia,” pungkas Tamzil.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kudus, Putut Winarno menyebutkan bahwa pemusnahan sudah dilakukan sebanyak tiga kali.

“Total e-KTP invalid dan rusak yang dimusnahkan mencapai 33.817 keping,” katanya.(AM/AHS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *