Habiskan Anggaran Hingga Rp 620 Miliar, Bendungan Logung Mampu Suplai Air Baku Hingga 200 Liter Perdetik


JEKULO, KUDUS SATU.com- -Keberadaan Bendungan Logung sangat diharapkan, khususnya untuk mencukupi kebutuhan air baku bagi masyarakat.
Bendungan yang terletak antara Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe dan Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo telah selesai dikerjakan. Empat tahun masa pengerjaan Bendungan yang diprediksi mampu menghasilkan air hingga 20,15 juta kubik.

Selasa (18/12/2018) siang, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana melakukan pengisian air tahap awal (impounding).

“Musim hujan telah memasuki fase intensitas sedang. Untuk itu kami manfaatkan untuk tahap awal pengisian air. Rencana pengisian awal dilakukan selama dua minggu,” kata Kepala BBWS Pemali Juana Rubhan Ruzziyatno.

Turut hadir Bupati dan Wakil Bupati Kudus HM Tamzil dan HM Hartopo beserta jajaran OPD di lingkungan Pemkab Kudus.
Ruhban Ruzziyatno mengatakan proyek nasional ini dikerjakan dalam kurun waktu 4 tahun dan menghabiskan anggaran sebesar Rp 620 miliar yang berasal dari APBN.

Ia menegaskan bahwa keberadaan Bendungan Logung mampu menghasilkan 200 liter/detik untuk keperluan pasokan air baku di Kudus.

“Beroperasinya Bendungan Logung diharapkan mampu menyuplai air baku di Kudus sebesar 200 liter/detik,” ungkapnya.
Tak lupa, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kerja sama baik dari Kementerian PUPR, BBWS Pemali Juana, kontraktor BUMN, Pemprov Jateng dan Pemkab Kudus.

“Utamanya tentang pembebasan lahan, kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Kudus,” imbuhnya. (AM/AHS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *