Dibangun di Era Jokowi, Bendungan Logung Kudus Senilai Rp 604 Miliar Resmi Beroperasi

KUDUS, KUDUSSATU.com-Bendungan Logung yang berada di Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kudus, direncanakan diresmikan atau resmi beroperasi, Selasa (18/12/2018) hari ini.

Proyek senilai Rp 604 miliar itu diperkirakan mampu menjadi solusi penanggulangan banjir di wilayah Kudus bagian timur. Selain itu dapat menambah luasan sawah yang diairi dari semula 2.200 hektar menjadi 5.355 hektar.

Pembangunan Bendungan Logung dilakukan sejak 2014 silam. Bendungan yang dibangun di era Presiden Jokowi itu ditaksir mampu untuk menampung air sebanyak 20,15 juta kubik.

Presiden Jokowi menargetkan sebanyak 65 bendungan yang dibangun, ditargetkan akan ada 29 bendungan yang selesai pada 2019 dan akan selesai seluruhnya pada 2022.

Awalnya Bendungan Logung akan diresmikan oleh Presiden Jokowi. Namun, karena beliau ada agenda lain rencana akan diresmikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadi Moelyono. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo direncanakan ikut meresmikan.

“Kami akan sosialisasi agar masyarakat disekitar bendungan dapat memanfaatkan air bendungan secara maksimal,” kata Bupati Kudus Tamzil saat meninjau Bendungan Logung awal November lalu.
Bahkan, Tamzil menyatakan akan berkoordinasi dengan pihak Balai untuk melakukan penataan di sekitar Bendungan.

“Termasuk melakukan penataan (penghijauan) di sekeliling Bendungan sebagai spot wisata ke depannya,” harapnya.

“Belum diresmikan hari ini. Sementara agendanya  “mbanyoni” atau mengalirkan air ke Bendungan. Untuk peresmian , belum,” kata Plt Kepala Dinas Kominfo Kudus, Kholid Seif.(Am/AHS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *