UMK Kenalkan Alat Peraga Edukatif Matematika untuk Guru SD

BAE, KUDUSSATU.com-Sebanyak 30 guru sekolah dasar (SD) di Kabupaten Kudus mengikuti pelatihan pembuatan Alat Peraga Edukatif (APE) yang diselenggarakan oleh tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muria Kudus. Kegiatan itu dipusatkan di Laboratorium Unit Usaha Alat Peraga Edukatif Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Selasa (4/12/2018).

Suryo Bintoro, M.Pd., salah satu anggota tim pengabdian masyarakat UMK menyatakan bahwa, diiadakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memahami konsep secara benar. Selain itu juga untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa sekolah dasar pada pelajaran matematika.

“Alat Peraga Edukatif Sekolah Dasar (APE SD) berperan dalam membantu mengkonstruk sendiri konsep yang dipelajari sehingga menumbuhkan rasa senang dan minat belajar. Guru maupun sekolah dapat menjadikan APE SD sebagai sarana pembelajaran studentcentered learning (SCL) dengan mengedepankan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektifdan Menyenangkan (PAIKEM,”katanya.

Ia menyebutkan orang tua juga bisa menggunakan APE ini sebagai sarana dalam mendampingi putra putri mereka ketika belajar di rumah. Dijelaskan Suryo laboratorium PGSD FKIP UMK merupakan laboratorium penyedia jasa layanan pendidikan dan inovasi pembelajarandalam bidang alat peraga edukatif ke-SDan.

“Ini bukti konkrit kontribusi PGSD UMK dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di tingkat dasar untuk menyiapkan generasi penerus bangsa,”tukasnya.

Senada Eka Zuliana, M.Pd., ketua tim Pengabdian Masyarakat UMK berharap semoga pelatihan alat peraga edukatif untuk guru SD memiliki manfaat.

“Saya berharap bahwa pelatihan alat peraga edukatif yangdiadakan ini, dapat memberikan kebermanfaatan bagi peserta pelatihan,” harapnya.(AM/AHS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *