Santri MA Qudsiyyah Raih Juara Pertama Kategori Tartil di MTQ Pelajar Tingkat Jateng Tahun 2018

KOTA, KUDUSSATU.com-Salah satu santri MA Qudsiyyah berhasil meraih juara pertama di Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) pelajar ke 33 tingkat Propinsi Jawa Tengah, Selasa pekan lalu (13/11/2018).

AdalahMuhammad Arwani Ahdaf ‘Awali, santri kelas kelas 10 pada perlombaan cabang tartil Madrasah Aliyah mewakili Kabupaten Kudus.

Ia berhasil meraih peringkat pertama dengan memperoleh nilai 91,83. Penilaian berdasarkan tajdwid, lagu, fasohan, dan adab.Di ajang MTQ tingkat Propinsi Jawa Tengah sebanyak empat cabang yang dilombakan yakni tartil, tilawah, tahfidz 1 juz, tahfidz 5 juz.

Muhammad Arwani Ahdaf ‘Alwai mengatakan ada banyak tantangan yang harus dilewatinya sebelum mengikuti perlombaan.

“Sebelum lomba dimulai, saya tidak diperbolehkan makan makanan yang berminyak dan minum es. Dan saya juga saat itu sedang batuk, tapi saya ihktiyari dengan minum obat sebelum lomba,” kata dia kepada kudus satu.com, Ahad (18/11/2018).

Meski dalam kondisi kurang fit, lanjut Arwani, dirinya tidak merasa grogi sedikitpun untuk mengikuti lomba.
Dia mencoba tampil percaya diri tanpa memandang yang lain.

“Alhamdulillah tahun ini tidak seperti biasanya yang kadang grogi sebelum tampil. Tapi yang kemarin itu saya tidak gugup sedikitpun. Karena saya mencoba untuk tampil percaya diri tanpa memandang bagus tidaknya lawan saya,” ungkapnya.

Dia mengaku sering melatih kemampuan baca tartil tersebut semenjak masih duduk dibangku SD.

“Kemampuan membaca Al Qur’an tartil berawal saat pembinaan ketika akan mewakili SD nya di tingkat kabupaten oleh ustadz Musta’in Yasin (Singocandi). Dan ketika di rumah pun diajarkan oleh orang tuanya sendiri yang merupakan alumni Pondok Pesantren Yanbu’ul Quran Kudus,” beber Arwani.(Al/AHS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *