Santri Qudsiyyah Gelorakan Shalawat Asnawiyah di Parade Santri

KUDUS, KUDUS SATU.com -Shalawat Asnawiyah menggema dalam parade santri dalam rangkaian Hari Santri Nasional (HSN) di Kudus , Ahad (28/10/2018).

Kegiatan yang mengambil start dan finish di Alun-alun Simpang Tujuh itu, diikuti oleh santri dari berbagai pelosok kota Kudus sangat antusias. Hal ini semakin menegaskan Kudus sebagai Kota Santri.

Termasuk sekitar 1.500 santri dan santriwati madrasah Qudsiyyah mengikuti parade santri yang dibuka oleh wakil bupati Kudus HM.Hartopo.

Mereka begitu bersemangat mengikuti konvoi dengan iringan shalawat.
Termasuk para santri madrasah Qudsiyyah turut malantukan shalawat Asnawiyah. Shalawat ini diciptakan oleh pendiri NU dan madrasah, yaitu KHR. Asnawi.

“‘Kami sengaja melantukan shalawat (Asnawiyyah) saat parade santri.Hali sebagai bukti santri Qudsiyyah Cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Miftahul Hana, alumni Madrasah Qudsiyyah.

Santriwati madrasah Qudiyyah ikut ambil bagian dalam parade santri dalam peringatan Hari Santri Nasional, Ahad (28/10/2018)

Sementara itu, Menurut Kiai Miftahur Rohman , shalawat Asnawiyah mempunyai makna historis yang sangat mendalam karena hasil karya salah satu pendiri NU. Apalagi, shalawat Asnawiyah merupakan kearifan lokal yang harus terus dipertahankan dan diamalkan supaya tidak hilang.

Shalawat Asnawiyah memiliki makna subtansif yang luar biasa. Disamping puji-pujian mengagungkan Nabi Muhammad, syair yang dikarang KH.Asnawi pada tahun 1925 ini juga berisi do’a untuk anak-anak pelajar dan santri yang tengah menuntut ilmu agar cepat mudah berhasil, bermanfaat dan berkah serta mendapat sinar Al Qur’an.

“Pada bait terakhir mendoakan bangsa Indonesia agar selalu aman dari gangguan penjajah, jadi ini masih aktual terhadap kondisi kekinian bangsa karena ada semangat nasionalisme-nya,” jelas KH guru madrasah Qudsiyyah itu.

Selama ini, lanjut dia, shalawat Asnawiyah sudah sangat populer dikumandangkan pelajar dan santri di kota Kudus. Bahkan santri Madrasah Qudsiyah yang didirikan KH.Asnawi, telah mengenalkan dan mensyiarkan dengan merilis album rebana bertajuk “Shalawat Asnawiyah. (HN/AM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *