Mau Tau Berapa Gaji Anggota DPRD Kudus?

KUDUS, KUDUSSATU.com-Menjadi anggota dewan (red, DPRD) itu bukan tugas yang ringan. Berat banget malah. Karena sebagai salah satu pilar demokrasi para wakil rakyat yang terhormat ini bertanggung jawab terhadap hajat hidup orang banyak.

Ya, mulai dari fungsi legislasi, penganggaran (budgeting) dan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan di daerah. Dengan seabreg kewajiban dan tanggung jawab itu sebenarnya berapa sih pendapatan seorang anggota DPRD Kudus.

Sejak 2017 lalu gaji anggota DPRD mengalami kenaikan yang signifikan. Dari semula hanya sekitar Rp 19 juta naik menjadi Rp 34,1 juta.

Bahkan, untuk ketua DPRD gajinya bisa mencapai Rp 50 juta setiap bulan. Itu belum termasuk biaya kunker dan lainnya.

Makanya tak mengherankan banyak orang yang berlomba-lomba memperebutkan kursi DPRD yang hanya berjumlah 45 kursi di Pemilu 2019 nanti.
Pengamat Sosial Hery Siswanto melihat ada kecenderungan anggota DPRD saat ini maju kembali karena faktor gaji yang besar. Belum ditambah tunjangan-tunjangan, seperti saat kunker dan lainnya.

“Banyak anggota dewan yang saat ini masih menduduki kursi, berupaya sekuat tenaga untuk maju kembali. Karena iming-iming gaji dan pendapatan yang besar,” ungkapnya.

“Sementara jika diukur soal kinerja mereka sangat rendah. Tidak ada prestasinya sama sekali,” jelasnya.
Sutriyono, calon legislatif DPRD Kudus Dapil Kota-Jati dari partai Hanura mengaku optimistis akan memperoleh kursi di Pemilu 2019 nanti.

“Untuk pribadi (Caleg) saya sangat optimis. Termasuk Hanura jumlah kursinya bisa naik,” harap Sutriyono yang merupakan sekretaris DPC Hanura Kabupaten Kudus. (AM/AHS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *