Hanya Bermodal Uang Rp 100 Ribu dan Gadget, Mahasiswi IAIN Kudus Ini Raup Omset Jutaan Rupiah

KUDUS, KUDUSSATU.com-Jualan online sekarang sudah menjadi tren dan banyak diminati. Termasuk di kalangan anak muda zaman now.

Dengan bermodalkan gadget dan media sosial mereka mampu meraup hasil hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

Seperti yang dilakukan oleh Maulidia Farha, mahasiswi semester 3 IAIN Kudus, yang memanfaatkan waktu luang kuliah sambil berniaga online atau online shop.

“Saya mulai menekuni online shop berawal dari ajakan dari teman untuk beli hijab di Semarang yang katanya murah untuk ukuran remaja,” kata gadis asal Kabupaten Demak.

Selanjutnya, dirinya iseng memotret jilbab dan kemudian diunggah ke medsos. Teenyata, katanya, setelah saya unggah di medsos ternyata banyak yang respon dari teman-teman.

“Saat itulah, saya mulai aktif mempromosikan produk jilbab di media sosial,” ungkapnya.

Ia mengaku memulai berjualan online dengan modal sebesar Rp 100 ribu. Ternyata respon pasar cukup bagus.
“Sebulan omset yang didapat sekitar 3-4 juta,” jelasnya.

Ia melanjutkan, tidak hanya jilbab ia juga menjual barang seperti gamis, blouse, tas, sepatu, dan lain-lain. Ia mengaku memperoleh pasokan atau dropsite barang dari sebuah toko yang ada di Semarang, Bandung, Solo dan Kudus.

“Dan tidak setiap hari dirinya memasok barang tersebut. Karena barang tersebut diambil pada saat ada permintaan dari pelanggan,” jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan bahwa transaksi (jual-beli) dilakukan pada saat barang itu sudah ada. Dia tidak menerapkan sistem DP (Down Payment) atau istilah lainnya uang muka.

“Meskipun kebanyakan online shop yang ada di Demak menggunakan sistem seperti itu, menurutnya sistem tersebut tidak efektif,” paparnya.

“Kendala yang dihadapi saat berniaga di media sosial salah satunya adalah ada pesanan yang sudah siap, tinggal diambil atau diantar tiba-tiba dari pelanggan tidak jadi membelinya dengan berbagai alasan. Solusi untuk masalah seperti itu biasanya barang tersebut akan dijual kembali pada saat ada yang menginginkan barang tersebut,” pungkasnya.(LC/AM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *