Hari Santri Momentum Memperkuat Rasa Kebangsaan dan Cinta Tanah Air

KUDUSSATU.com-Hari Santri yang diperingati setiap 22 Oktober adalah momentum untuk memperkuat rasa kebangsaan dan cinta Tanah Air.

Pada tanggal ini merujuk pada peristiwa super bersejarah yang menunjukkan bahwa nasionalisme semakin dikobarkan setelah Resolusi Jihad dicetuskan oleh pendiri NU KH Hasyim Asyari setelah sebelumnya Bung Karno meminta fatwa tentang hukum membela Tanah Air kepada Mbah Hasyim.

Dari sowan Bung Karno ke Mbah Hasyim itu, kemudian muncul ungkapan Mbah Hasyim yang hingga kini sangat terkenal dan terus relevan sampai kapan pun, yaitu cinta Tanah Air sebagian dari iman atau hubbul wathon minal iman.

Pertempuran heroik arek-arek Suroboyo antara lain didorong oleh spirit dari Mbah Hasyim tersebut sehingga menaklukkan penjajah dan menewaskan pimpinannya yaitu Jenderal Mallaby.

Belajar dari sejarah itu, kaum muda saat ini harus terus menggelorakan rasa cinta Tanah Air. Semakin memahami ajaran agama apapun, seharusnya kita makin cinta Tanah Air.

Peran santri dalam membangun bangsa tidak perlu diragukan lagi. Dari zaman sebelum kemerdekaan, santri telah memiliki kontribusi sanga besar bagi bangsa ini, terutama dalam mengawal ideologi negara yaitu Pancasila. Bersama santri damailah negeri. Selamat hari santri nasional.
Penulis: Amin Hidayat, S.Pd, M.Pd, direktur eksekutif Kudus Care Institut (KCI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *